5 Cara Menyambung Kabel USB ke Speaker Aktif yang Tepat dan Aman Ini

Cara Menyambung Kabel USB ke Speaker Aktif – Meskipun kini sudah lebih banyak speaker dengan sambungan Bluetooth di pasaran, speaker aktif dengan sambungan kabel USB juga masih banyak diminati. Jangan biarkan speaker aktif menganggur begitu saja di rumah. Ketahui cara menyambung kabel USB ke speaker aktif yang tepat untuk menggunakannya.

Menggunakan speaker aktif dengan kabel USB pasalnya lebih aman sebab sambungan hanya menghubungkan 1 perangkat saja. Gangguan sinyal Bluetooth atau hp yang belum mendukung Bluetooth juga tidak perlu dikhawatirkan. Simak langkah-langkah dari cara menyambung kabel USB ke speaker aktif dalam ulasan berikut:

5 Cara Menyambung Kabel USB ke Speaker Aktif yang Tepat dan Aman Ini

1. Siapkan Speaker

Langkah pertama ialah mempersiapkan speaker aktif. Pastikan untuk mengetahui jenis speaker yang akan digunakan. Untuk menyambungkan dengan kabel USB tentu diperlukan speaker aktif yang menyediakan port USB pada port sambungannya.

Biasanya untuk speaker jenis tertentu, akan tetap menyediakan port USB meskipun speaker tersebut keluaran terbaru. Misalnya saja seperti speaker mobil. Meskipun speaker mobil sudah mendukung berbagai fitur sambungan seperti sambungan Bluetooth, namun biasanya speaker hp tetap menyediakan port USB untuk sambungan USB.

2. Siapkan Perangkat untuk Disambungkan

Selain mempersiapkan speaker, siapkan juga perangkat yang akan disambungkan dengan speaker aktif via kabel USB. Tentu saja hp harus memiliki port USB agar dapat disambungkan dengan speaker aktif. Pastikan untuk mengenali jenis kabel USB apa yang port nya tersedia di perangkat.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penonton Live Facebook

Sambungan perangkat ke speaker aktif pada dasarnya akan mengakses ruang penyimpanan perangkat. Pengguna perlu mengarahkan ke penyimpanan yang berisikan file musik MP3 yang bisa dibaca oleh speaker. Namun, selain akses ruang penyimpanan, speaker aktif kini juga bisa membuka pemutar musik.

Dengan akses langsung ke pemutar musik, speaker aktif dapat langsung memutar musik yang tersedia dalam koleksi tersebut. Pengguna pun selanjutnya dapat mengatur musik yang akan diputar melalui tombol navigasi speaker. Pastikan perangkat memiliki pemutar musik agar akses tidak perlu memasuki ruang penyimpanan.

3. Periksa Kelengkapan Kabel USB

Langkah berikutnya dari cara menyambung kabel USB ke speaker aktif ialah dengan memeriksa kelengkapan kabel USB. Apa yang dimaksud dengan memeriksa kelengkapannya? Periksa apakah bagian sambungan input maupun output dalam keadaan utuh dan tidak rusak.

Selain itu, pastikan juga bahwa kedua bagian sambungan sudah tepat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sesuaikan bagian sambungan input dengan jenis port yang dimiliki perangkat. Ada banyak jenis kabel USB menurut bagian input nya. Misalnya seperti type C, micro, dan sebagainya.

Baca juga : Cara Atasi Google Drive Limit

4. Sambungkan

Usai memastikan sudah menggunakan kabel USB yang tepat, kini waktunya untuk menyambungkan perangkat dengan speaker aktif. Sambungkanlah kabel USB dengan port pada perangkat terlebih dahulu. Pastikan sambungan memang sesuai dan tidak memaksakan sambungan yang tidak sesuai dengan jenis port nya.

Kemudian, lakukan hal yang sama pada sambungan kabel USB di speaker. Untuk beberapa speaker memerlukan pengubahan mode sebelum melakukan sambungan. Ubahlah mode ke sambungan USB sebelum menyambungkan kabel USB dengan port speaker.

5. Lakukan Konfigurasi

Langkah terakhir dalam menyambungkan perangkat dengan speaker aktif menggunakan kabel USB ialah melakukan konfigurasi. Pilihlah akses musik mana yang akan dilakukan. Untuk akses musik ke penyimpanan file, maka buka folder penyimpanan di perangkat.

Namun, apabila akses musik yang dipilih langsung ke pemutar musik maka buka pemutar musik di perangkat. Pengguna bisa langsung menentukan playlist yang akan diputar seluruh lagunya. Untuk pengaturan volume bisa diatur keduanya yakni pada perangkat maupun speaker.

Itulah langkah-langkah cara menyambung kabel USB ke speaker aktif yang tepat untuk mendengarkan musik dengan mudah dan aman. Pada speaker aktif mobil, sebaiknya matikan musik dan sambungan terlebih dahulu sebelum speaker dinonaktifkan atau mesin mobil mati.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.