3 Cara Kalibrasi Google Maps, Agar Peta Semakin Akurat

Cara Kalibrasi Google Maps – Banyak orang mengeluh karena rute yang ditunjukkan oleh Google Maps kurang akurat. Tidak banyak orang tahu ada cara kalibrasi Google Maps yang bisa membuat penunjuk peta semakin akurat. Dengan begitu kemungkinan untuk tersesat akan semakin kecil.

Ada 3 cara untuk melakukan kalibrasi Google Maps ini. Dengan mengkalibrasikan Google Maps. Maka, peta yang ditunjukan oleh Google Maps akan semakin akurat. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan:

3 Cara Kalibrasi Google Maps, Agar Peta Semakin Akurat

1. Melakukan Kalibrasi Kompas Google Maps

Cara kalibrasi Google Maps yang pertama adalah melakukan kalibrasi Kompas. Pada bagian bawah sebelah kanan Google Maps ada gambar Kompas untuk menunjukan arah pada Google Maps.

Para pengguna Google Maps bisa melakukan kalibrasi pada bagian Kompas ini. Jadi, arah dan rute yang ditunjukkan lebih akurat, berikut adalah caranya:

  • Bukalah aplikasi Google Maps yang ada di smartphone.
  • Klik titik biru pada peta yang menunjukkan posisi para pengguna pada rute peta.
  • Kemudian, beralih pada bagian Kompas, klik pada logo Kompas yang ada di bagian bawah. Klik opsi ‘Calibrate Compass.
  • Gerakan HP membentuk pola angka delapan untuk menyelesaikan kalibrasi.
  • Tekan ‘Done’ setelah kalibrasi sudah dilakukan.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Gojek

Kalibrasi Kompas ini ada baik untuk dilakukan secara rutin. Sebaiknya dilakukan 1 sampai 2 minggu sekali. Dengan begitu, akurasi Google Maps akan tetap terjaga dan para pengguna tidak perlu kalibrasi lagi saat dibutuhkan.

2. Mengaktifkan Mode Akurasi Tinggi

Pada Google Maps ada beberapa mode akurasi mulai dari yang rendah, menengah, sampai tinggi. Akurasi rendah ditujukan untuk menghemat baterai atau kuota internet ketika sedang dibutuhkan.

Namun, ada baiknya untuk menyalakan mode akurasi tinggi jika ingin mendapatkan akurasi yang lebih tepat. Berikut adalah cara mengaktifkan mode akurasi tinggi:

  • Bukalah aplikasi Google Maps yang ada di smartphone.
  • Buka Pengaturan pada Google Maps.
  • Masuk ke dalam pengaturan Akurasi pada bagian opsi.
  • Pilih mode akurasi tinggi pada pilihan opsi yang tersedia.
  • Tunggu sampai perubahan sudah selesai dilakukan dan mode akurasi sudah berpindah.
  • Simpan perubahan yang sudah dilakukan.

Setelah mode akurasi tinggi diaktifkan, maka posisi dan pergerakan pada peta akan semakin akurat dan minim kemungkinan untuk kesalahan dan tersesat. Namun, mode akurasi tinggi ini dapat menyerap lebih banyak paket data dan daya baterai.

Baca juga : Cara Ganti Password Higgs Domino Akun Facebook

3. Menggunakan WiFi Untuk Aplikasi Maps

Jaringan WiFi lebih akurat daripada fitur GPS yang disambungkan pada jaringan internet. Karena memang WiFi memiliki jaringan lebih kuat daripada jaringan internet biasa smartphone. Karena itu, jika memang ada jaringan WiFi lokal, lebih baik untuk menggunakannya.

Dengan menggunakan jaringan WiFi maka jaringan akan lebih kuat dan keakuratan dari peta akan lebih meningkat. WiFi juga bisa menandai lokasi Anda sekalipun fitur GPS pada HP Anda tidak diaktifkan.

Karena WiFi lokal memiliki alamat IP yang menunjukkan lokasi sambungan WiFi yang dimiliki. Dengan begitu, para pengguna bisa mengetahui lokasi walaupun tanpa mengaktifkan fitur GPS. Dengan cara melacak nomor IP dari WiFI yang sudah disambungkan.

Namun lebih baik untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pemilihan jaringan WiFi yang lokal. Karena, mungkin saja ada jaringan WiFi yang cukup berbahaya dan meminta informasi pribadi ketika menyambungkan.

Itulah cara kalibrasi Google Maps yang bisa dilakukan oleh para pengguna Google Maps. Dengan mengaktifkan fitur ini, para pengguna bisa mendapatkan keakuratan lebih dan posisi yang lebih pasti dalam penggunaan Google Maps.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.